STOP PRESS : Kepada Nara Sumber SINARPENA.COM Diharap untuk tidak melayani wartawan kami yang KTA dan Kartu liputan Persnya sudah habis masa berlakunya. Demikian , atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

PENGHARGAAN KLA DAN PROVILA TAHUN 2022, INI AMANAT KEMENTERIAN PPPA RI

 


DOMPU NTB, SINARPENA .COM - Apresiasi dan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) dan Provinsi Layak Anak (Provila) tahun 2022 kembali diberikan kepada Gubernur, Wali Kota dan Bupati yang terpilih Se-Indonesia oleh Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak RI, karena telah berhasil menjadikan daerahnya menjadi tempat yang nyaman dan aman dan layak bagi anak-anak.

Penghargaan KLA diberikan kepada 312 Kabupaten/Kota dan 8 Propinsi se Indonesia, diadakan  di Hotel Ibis Kabupaten Bogor, Jum’at (22/07/22).

Kementerian PPPA RI Bintang Puspa Yoga saat menyampaikan sambutannya mengatakan, untuk mendukung sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing sebagaimana tertuang RPJMN Nasional 2020-2024, semua elemen harus menyatukan kekuatan untuk memenuhi dan melindungi hak anak-anak.



“270 juta jiwa penduduk Indonesia 1/3 nya anak-anak, harus dijaga tumbuh kembangnya, karena merupakan merupakan generasi pelanjut masa depan bangsa”, harapnya.

Pemenuhan hak-hak anak merupakan amanat konstitusi dari undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia, dan konvensinya, telah diratifikasi dalam undang-undang perlindungan anak dan sudah disyahkan oleh dunia Internasional lewat PBB  UN-CRC (United Nations Convention on the Rights of the Child)

“Olehnya, anak Indonesia terikat secara satu kesatuan yang utuh yang hak-haknya harus dipenuhi dan diimpelementasikan” paparnya.



Diakhir penyampaiannya, Menteri PPPA mengebutkan 4 hak dasar anak yakni, hak untuk hidup, hak tumbuh kembang, hak hidup, dan hak partisipasi.

“Karena sifatnya secara kompleks dan terintegrasi sehingga diperlukan komitmen lintas sektoral dan mendasar, agar hak-haknya mereka bisa diupayakan bersama-sama," imbuhnya.

Penganugerahan KLA/Provila diikuti oleh pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan pratama Kementerian PPPA, Gubernur, Bupati Wali Kota Se Indonesia, Kejati, Kadis PPPA Kab/Kota, Ketua Gugus Tugas KLA, Perusahaan/Koorporasi peduli anak, Forum Anak Indonesia dan LSM Pemerhati anak seluruh Indonesia. (Prokopim/ory).


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama