STOP PRESS : Kepada Nara Sumber SINARPENA.COM Diharap untuk tidak melayani wartawan kami yang KTA dan Kartu liputan Persnya sudah habis masa berlakunya. Demikian , atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

Bupati Dompu H. Kader Jaelani Bersama Istri Disambut Senyum Bahagia Anak-Anak di Acara “Ngaha Kawiri”

 


DOMPU NTB, SINARPENA.COM - Bupati Dompu, H. Kader Jaelani didampingi Ny. Lilis Suryani H Kader Jaelani disambut senyum bahagia oleh anak-anak.

Hal tersebut berlangsung saat digelarnya acara “Ngaha Kawiri” Jumat (30/12/22) di Masjid Syech Mahdali Desa Kareke Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu.

Acara ini dilaksanakan Pengurus BKM Masjid Syech Mahdali dengan mengundang serta ratusan anak-
anak dan masyarakat umum yang berada di sekitar Masjid Syech Mahdali untuk ngaha kawiri bersama.



Turut hadir dalam kegiatan yang berlangsung Bupati Dompu, H Kader Jaelani, Sekda Dompu, Gatot Gunawan PP, SKM., M.MKes, Kepala BKD dan PSDM, Drs. Arif Munandar, Direktur RSUD, dr. H Diaz Indarko MPPM.

Hadir Juga Kabag Kesra, H Khairuddin SH, Kabag Prokopim, Adiansyah SE, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, masyarakat Desa Kareke dan elemen penting lainnya.

Menurut Bupati AKJ kegiatan ngaha kawiri menjadi momentum yang baik dan tepat guna menyampaikan rasa syukur atas berbagai nikmat yang diberikan Allah SWT.



“Kita sudah sangat banyak dikarunia dengan berbagai nikmat dengan demikian Ngaha Kawiri menjadi salah satu bentuk rasa syukur atas berbagai nikmat yang dikaruniakan-Nya dan juga sebagai upaya untuk menolak bala dan bencana”, ucapnya.

Disebutkan lagi Ngaha Kawiri menjadi budaya masyarakat daerah ini dan dilakukan secara turun temurun. Para sesepuh daerah ini dahulunya untuk menunjukan rasa sukur atas berbagai nikmat yang dikaruniakan salah satunya dengan melakukan aktivitas Ngaha Kawiri.

Diakhir penyampaiannya Bupati H Kader Jaelani menyampaikan harapan dengan menutup tahun 2022 dan menyambut tahun baru 2023, Bumi Nggahi Rawi Pahu senantiasa dalam keadaan yang aman dan damai.



“Mudah-mudahan di tahun 2023 nanti Bumi Nggahi Rawi Pahu senantiasa aman, damai, sejahtera dan dijauhkan dari hal-hal yang tidak diharapkan”, terang Bupati menyampaikan harapannya.

Di momen yang sama Arsyad A. Sallam, S.Sos, Kades Kareke menyampaikan rasa bahagianya dapat dilaksanakannya acara Ngaha Kawiri.

Menurutnya Ngaha Kawiri mengandung nilai historis yang bermakna religius dan juga bernilai silaturahim yang mengeratkan hubungan kekerabatan diantara sesama.

Diakhir penyampaiannya dia menyampaikan harapan agar Ngaha Kawiri dapat diagedakan secara rutin pada hari Jum’at pagi tidak hanya dilaksanakan di waktu tertentu saja.

Acara berjalan khidmat, aman, tertib dan lancar diakhiri pemberian tali asih oleh Bupati H Kader Jaelani dan Umi Lilis sapaan akrab Ny. Lilis Suryani H Kader Jaelani, kepada peserta Ngaha Kawiri. (Prokopim/ory).


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama