STOP PRESS : Kepada Nara Sumber SINARPENA.COM Diharap untuk tidak melayani wartawan kami yang KTA dan Kartu liputan Persnya sudah habis masa berlakunya. Demikian , atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

Bupati Dompu NTB , Kader Jaelani Resmi Buka MTQ Ke XXIX Tahun 2022


DOMPU NTB, SINARPENA.COM – Kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XXIX Tahun 2022  secara resmi dibuka oleh Bupati Dompu NTB Kader Jaelani, Kamis 20/01/22 pukul 19.30 Wita ,di Lapangan Beringin Dompu.

Hadir dalam pembukaan MTQ tersebut  Wakil Bupati Dompu, Ketua  DPRD, Anggota Forkopimda, Sekda, Pejabat Struktural dan Fungsional Lingkup Pemda Dompu, Kepala Kemenag, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Wanita.

Selain itu juga turut menghadiri  Qori Internasional Ustad Syamsuri Firdaus dari Bima, Ustad Ustad Salman Amrullah dari Bandung, Ustad Darwin Hasibuan dari Medan, Ketua TP. PKK, Ketua GOW.
 


“ Satu kebahagiaan sekaligus menjadi kebanggaan bagi kita semua di daerah ini, mengawali tahun 2022 dengan melaksanakan MTQ.  Kegiatan ini menjadi awal yang baik bagi kita semua untuk memelihara serta menumbuhkan kecintaan dalam membaca, mempelajari, memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai Al-Quran, selain itu juga sebagai ajang untuk menjadi bibit unggul yang akan mengharumkan nama daerah ke jenjang yang lebih tinggi,” ujar bupati dalam sambutannya.

Dikatakan bupati bahwa sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Alquran, menjadi inspirasi kehidupan bagi siapa saja yaitu sesuatu hal yang membawa keberkahan bagi kehidupan ini.

Ditengah kemunduran nilai-nilai sosial dalam kehidupan masyarakat seperti munculnya fenomena kenakalan remaja seperti adanya perilaku pemanahan liar, penyalahgunaan narkoba, perkelahian antar remaja, serta bentuk kenakalan lain, dengan adanya kegiatan MTQ ini berbagai kenakalan yang muncul dikalangan remaja, dengan segera bisa diatasi bersama.



“ Maksud dari pelaksanaan MTQ ini adalah mewujudkan generasi muda yang berakhlak mulia, punya semangat yang tinggi untuk maju dan berubah, mau belajar, tidak cepat merasa puas dengan apa yang sudah diraih, secara dini terus mengasah diri dengan hal bermanfaat, kemudian dapat menjadi pemuda atau remaja penginspirasi hadirnya banyak kebaikan dikehidupan sosialnya”, ucap Bupati AKJ.

Lebih jauh bupati mengatakan bahwa remaja yang benar-benar memahami nilai-nilai luhur Alquran dan mau mengimplementasikan dalam kehidupannya mereka akan menjadi generasi andalan bagi bangsa dan daerah kedepannya, oleh karena itu kita harus menyiapkan mereka dengan lebih baik lagi terutama dalam kepahaman mereka terhadap nilai-nilai hakiki yang terkandung di alquran.
 
“Lantunan Kalam Ilahi yang menggema selama pelaksanaan MTQ nantinya mampu menciptakan suasana religius yang memberi kesejukan dan keteguhan batin bagi masyarakat sekaligus juga sebagai wahana bersilaturahim untuk saling mengakrabkan antara satu dengan lainnya sehingga persaudaraan dan kebersamaan bisa terjaga secara kokoh”, katanya.

Bupati juga  mengingatkan seluruh elemen masyarakat bahwa Alquran menjadi sumber inspirasi kehidupan dan juga sebagai sumber ilmu pengetahuan yang tidak pernah habis untuk digali dan dikaji. Kata Bupati “keluhuran nilai-nilai ajaran Alquran sebagai pedoman dan pandangan hidup masyarakat perlu ditumbuhkembangkan melalui proses pendidikan baik formal maupun non formal termasuk diantaranya dengan MTQ yang saat ini tengah dilaksanakan dengan berbagai cabang perlombaan.

Selanjutnya Bupati menyampaikan harapan kepada seluruh elemen Kabupaten Dompu agar kegiatan MTQ yang dilaksanakan tersebut tidak hanya dilihat sebagai kegiatan yang bersifat seremonial semata namun juga menjadi kegiatan yang strategis yang akan mewarnai pelaksanaan pembangunan dan perilaku kehidupan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan nilai alquran tentunya menjadi bagian dalam menyukseskan Visi Dompu Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius) dengan membumikan Al-Quran di daerah ini”, harapnya.
Berikutnya Bupati AKJ memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh elemen masyarakat yang turut andil menyukseskan pelaksanaan MTQ sehingga bisa terlaksana dengan baik.

Bupati juga secara khusus  menyampaikan ucapan selamat datang kepada Qori Internasional Ustad Syamsuri Firdaus dari Bima, Ustad Salman Amrillah dari Bandung dan Ustad Darwin Hasibuan dari Medan yang telah menyempatkan waktunya hadir dalam kegiatan ini.

“Terima kasih saya sampaikan kepada para Qori Internasional yang telah hadir di tengah masyarakat Kabupaten Dompu dan mudah-mudahan bisa menginspirasi para Qori dan Qoriah di daerah ini untuk bisa berprestasi dan juga ikut mengharumkan nama bangsa dan daerah di berbagai even lomba. Lewat momen yang baik ini saya meminta kepada seluruh elemen masyarakat untuk menjaga keamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat sehingga daerah kita terus terjaga kondusivitasnya seraya meminta masyarakat untuk hadir menyaksikan dan memeriahkan kegiatan MTQ,” kata bupati.

Sebelumnya Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Dompu, H. Burhan, SH memberikan laporan bahwa kegiatan MTQ tersebut akan terlaksana selama 6 hari dari tanggal 20 hingga tanggal 26 Januari 2022.

“  MTQ diikuti oleh kafilah dari 8 Kecamatan dengan berbagai mata lomba dilakukan untuk menyiapkan kader terbaik untuk mewakili Kabupaten Dompu di ajang MTQ Ke-XXIX Tingkat Provinsi NTB di Lombok Timur pada bulan Maret nanti,” ujarnya
Acara pembukaan berlangsung khidmat yang diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya atraksi seni dan budaya yang bernuansa islami dari para seniman dan seniwati kenamaan Bumi Nggahi Rawi Pahu. (Prokopim/ ORY ).


 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama