STOP PRESS : Kepada Nara Sumber SINARPENA.COM Diharap untuk tidak melayani wartawan kami yang KTA dan Kartu liputan Persnya sudah habis masa berlakunya. Demikian , atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

Bupati Dompu Kader Jaelani Kunjungan Kerja Ke Desa Karamabura Terkait Prospek Pengembangan Komoditi Porang

 


DOMPU NTB, SINARPENA.COM – Untuk memastikan prospek pengembangan komoditi Porang yang masuk dalam salah satu program unggulan Jarapasaka ( Jagung, Porang, Padi, Sapi dan Ikan ) agar berjalan lancar dan dapat berkontribusi bagi peningkatan perekonomian dan kesejahteraan petani , Bupati Dompu  Kader Jaelani  melakukan kunjugan kerja ke Desa Karamabura kecamatan Dompu kabupaten Dompu NTB , Kamis 06/01/22.   

Kunjungan kerja Bupati dimaksudkan untuk melihat dari dekat komoditi Porang yang sudah dikembangkan dengan baik oleh masyarakat setempat. 



Diwilayah Desa Karamabura, Komoditi Porang bisa tumbuh dengan subur di lahan yang beriklim sejuk dan lembab dibawah naungan pohon yang rindang. 

"Bagus yah, disini Porang bisa tumbuh dengan baik dan subur. Semoga dengan kondisi ini Porang bisa memberikan hasil yang baik bagi para petani. Dengan melihat Porang yang tumbuh dengan subur tentu animo masyarakat akan tinggi dalam mendukung penanaman Porang dan sudah pasti juga  memberikan prospek yang baik bagi peningkatan ekonomi masyarakat maupun daerah,” ujarnya. 



Selanjutnya Bupati Kader Jaelani  berkeinginan agar tanaman Porang  dapat ditanam secara masal  dan kedepannya masyarakat mendukung komoditi Porang.

" Animo masyarakat menjadi kunci suksesnya komoditi Porang ini, lebih banyak lagi masyarakat yang mau menanam Porang akan lebih bagus lagi dan itu berdampak yang baik bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di daerah ini terutama para petani Porang,” ujar Bupati.

Dalam pengembangan komoditi Porang selanjutnya Bupati menyebut akan menanam atau  mengembangkan komoditi Porang dengan model demplot.  Dengan model demplot tersebut pemerintah akan memberikan keyakinan yang baik kepada para petani bahwa komoditi Porang menjadi salah satu pilihan dalam upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan terutama para petani Porang. 

Dikatakan juga oleh Bupati bahwa saat ini di daerah Dompu telah dikembangkan komoditi Porang dilahan seluas 450 Hektar, dan dalam satu Hektarnya diprediksi memberikan hasil sebanyak 40 Ton dan lebih banyak berada di Kecamatan Pekat. 

"Dengan estimasi tersebut, hasil yang akan diperoleh petani bisa besar, dan juga diharapkan kedepan komoditi Porang bisa meraih dukungan yang lebih baik dari para petani Porang.  Para investor yang sudah lebih awal mensupport komoditi Porang di daerah lainnya, juga diharapkan bisa melirik komoditi Porang yang di daerah ini,” ujar Bupati.

Dalam Kunjungan kerja tersebut selain Bupati Dompu, hadir juga Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Setda, Camat Dompu, Tokoh Masyarakat dan para petani di Kecamatan Dompu. ( Prokopim/ory )


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama