STOP PRESS : Kepada Nara Sumber SINARPENA.COM Diharap untuk tidak melayani wartawan kami yang KTA dan Kartu liputan Persnya sudah habis masa berlakunya. Demikian , atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

10 Desa Dikecamatan Batujaya Kabupaten Karawang Gotongroyong Bersihkan Saluran Irigasi

 


KARAWANG, SINARPENA.COM- Sebanyak sepuluh desa dikecamatan Batujaya kabupaten Karawang menggelar kegiatan gotongroyong membersihkan saluran irigasi, 26/09/20. Unsur yang terlibat dalam kegiatan tersebut diantaranya adalah para petani,Gapoktan, aparatur desa dan instansi kecamatan Batujaya serta dinas terkait.

Alex Sukardi  dari Sekjen Apdesi kabupaten Karawang yang juga hadir mengatakan bahwa tujuan dari diadakannya kerja bakti gotongroyong  untuk  melancarkan saluran air irigasi yang tersumbat oleh berbagai macam tanaman seperti  ecenggondok, sehingga air bisa lancar mengalir kesawah sawah petani.

Kerjabakti Gotongroyong membersihkan saluran irigasi dikecamatan Batujaya.(foto istimewa)




“ Selain kegiatan pembersihan saluran air irigasi disepanjang jalur kecamatan Batujaya,Kami juga  meminta kepada pihak terkait agar jangan sampai para petani mengalami kerugian besar dalam menjalankan usahanya akibat terkena hama seperti  banyaknya serangan hama tikus yang menyerang hampir sepertiga wilayah pesawahan  didesa Karyamulya ,” ujar Alex Sukardi.

Pemahaman masyarakat khususnya para petani tentang asuransi pertanian harus disosialisasikan secara menyeluruh. Sebab jika ada kerugian petani terkait dengan serangan hama bisa diganti oleh asuransi. Namun sangat disayangkan kata Alex Sukardi bahwa hanya sebagian kecil petani saja yang ikut asuransi.

“  Mungkin karena kurangnya pemahaman atau kurangnya sosialisasi dari pihak terkait tentang asuransi tersebut,” ujarnya.

Untuk masalah kesulitan petani karena serangan hama tikus, Dinas Pertanian telah ada bantuan berupa mercon untuk membasmi hama tikus. Dan diharapkan kedepan petani tidak lagi diserang hama  sehingga berhasil dalam panen.

Laporan wartawan sinarpena.com. : Cecep Kurniawan.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama