STOP PRESS : Kepada Nara Sumber SINARPENA.COM Diharap untuk tidak melayani wartawan kami yang KTA dan Kartu liputan Persnya sudah habis masa berlakunya. Demikian , atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

Momen Hari Jadi Dompu Ke-209 Tahun 2024, Bupati Dompu Berterima Kasih Kepada Para “Faunding Father”

 



DOMPU NTB,SINAR PENA.COM - Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu menggelar Upacara Peringatan Hari Jadi Dompu Ke-209 Tahun 2024.


Upacara peringatan berlangsung Kamis (18/04/24) di Lapangang Beringin Kabupaten Dompu dihadiri Pejabat Gubernur Nusa Tenggara Barat, Drs. H. Lalu Gita Aryadi, M.Si bersama Rombongan.


Hadir juga Bupati Bima, Penjabat Wali Kota Bima, Pejabat yang mewakili Bupati/Wali Kota Se Provinsi NTB, Wakil Bupati Dompu, Ketua DPRD Anggota Forkompimda, Sekertaris Daerah, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Pimpinan OPD, Pejabat Struktural dan Fungsional, Kepala Kemenag, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Wanita, Tokoh Pemuda, Insan Pers dan sejumlah elemen penting lainnya.

Bupati Dompu, H. Kader Jaelani menjadi Inspektur Upacara Hari Jadi Kabupaten Dompu Ke-209 Tahun 2024

Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Dompu, H. Kader Jaeleni, Pembaca Sejarah Singkat Kabupaten Dompu, Sekertaris Daerah, Gatot Gunawan Perantauan Putra, SKM., M.MKes, Pembaca Undang-Undang Dasar 1945, Andi Bachtiar, A.Md.Par, Ketua DPRD, Pembaca Doa, Kepala Kemenag, Drs. H. Syamsul Ilyas, M.Si, Komandan Upacara, Kapten CZI Arif Budimansyah, Pasipers Kodim 1614/Dompu,  dan Perwira Upacara, Kapten Infantri Adisan, Pasi Intel Kodim 1614/Dompu.


Dalam amanatnya di acara yang diagendakan Bupati Dompu, H. Kader Jaelani menyampaikan ucapan terima kasih kepada para “Faunding Father” Kabupaten Dompu atas dedikasi dan amal baiknya bagi kemajuan Kabupaten Dompu.


Menurut Bupati H. Kader Jaelani para “Faunding Fahter” telah meletakan pondasi atau landasan bagi pembangunan di Bumi Nggahi Rawi Pahu yang kemudian menjadi pijakan bagi pelaksanaan pembanguna di berbagai etape pembangunan yang berjalan.

Bupati Dompu, H. Kader Jaelani bersama Pimpinan Daerah Se NTB berjalan menuju Tribun Upacara Hut Dompu Ke-209 Tahun 2024

Bupati Dompu, H. Kader Jaelani bersama Pimpinan Daerah Se NTB berjalan menuju Tribun Upacara Hut Dompu Ke-209 Tahun 2024

Kepada seluruh pendiri bangsa, khsususnya pemimpin Kabupate  Dompu yang terdahulu, atas dharma bhaktinya dan jasa-jasanya untuk Dompu sehingga dapat menjadi daerah otonom di Wilayah Negera Kesatuan Republik Indonesia hingga saat ini.


“Atas dedikasi,             pengabdian dan perjuangannya membangun daerah selama  ini, kami berdoa atas perjuangannya,  semoga Allah SWT membalasnya dengan ganjaran pahala terbaik disisinya dan kami siap melanjutkan cita-cita dan perjuangannya”, katanya.

Lanjutnya menyampaikan kepada Aparatur Sipil Negara lingkup Pemerintah Kabupaten Ddompu, Para Petani, Nelayan, Peternak, Pedagang (Wirausahawan) dan komponen masyarakat lainnya saya juga menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus atas kerja kerasnya.


Berikutnya Bupati juga mengungkapkan bahwa derap langkah dan gegap gempita pembangunan yang telah kita lalui bersama selama ini, telah membawa kabupaten dompu terus berkembang dan makin mengokohkan perannya dalam pembangunan regional dan nasional.


Ketua PKK dan Ketua GOW Kabupaten Dompu bersama Ibu-Ibu lainnya di Tribun Peringatan HUT Dompu Ke-209

Ketua PKK dan Ketua GOW Kabupaten Dompu bersama Ibu-Ibu lainnya di Tribun Peringatan HUT Dompu Ke-209

“Apa yang dapat kita saksikan dan rasakan saat ini, merupakan rangkaian buah karya bersama para pemimpin terdahulu dengan segenap komponen masyarakat dompu yang telah berjasa meletakkan pondasi yang kokoh bagi pembangunan daerah dan dilanjutkan oleh para pemegang tampuk amanah pemerintahan dari masa ke masa hingga periode pemerintahan AKJ-SYAH sekarang ini, dengan  Visi Dompu Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius)” ungkapnya.

Selengkapnya sambutan yang disampaikan Bupati Dompu, H. Kader Jaelani dimomentum Hari Jadi Kabupaten Dompu Ke-209 Tahun 2024 adalah sebagai berikut;


pada hari yang berbahagia ini, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat allah swt. tuhan yang maha kuasa, atas limpahan rahmat dan hidayahnya, sehingga kita dapat menghadiri upacara “peringatan hari jadi kabupaten dompu ke 209 tahun 2024”. dalam keadaan sehat wal’afiat.


Shalawat dan Salam senantiasa tercurahkan  kepada junjungan alam Nabi BesarMmuhammad SAW, kepada    keluarga    beserta   para sahabatnya, dengan ucapan ”Aallahumma  Sholli„  Ala Muhammad,   Wa‟ala   Ali Sayyidina Muhammad”. semoga dengan selalu bershalawat, kita mendapatkan syafa’at darinya di yaumil akhir nanti. aamiin ya rabbal ‘alamiin.


Pasukan Upacara Peringatan Hari Jadi Dompu Ke-209 Tahun 2024

Pasukan Upacara Peringatan Hari Jadi Dompu Ke-209 Tahun 2024

Peserta Upacara dan Hadirin yang berbahagia,


Mengawali sambutan ini saya menyampaikan selamat I          dhul fitri 1 syawal 1445 h tahun, semoga amal ibadah yang kita kerjakan selama bulan ramadhan kemaren diterima  oleh allah swt dan semoga kita semua mampu meraih maqom takwa.


Semoga amal baik yang kita tunaikan di sepanjang bulan ramadhan yang telah berlalu dapat mengilhami dan menuntun kita untuk terus menjadi insan yang lebih baik lagi.


Peserta Upacara dan Hadirin yang saya muliakan,


Sebagaimana yang kita ketahui bersama, upacara peringatan hari jadi ke – 209 Dompu pada tahun 2024 ini, semestinya digelar pada tanggal 11 April 2024, akan tetapi, oleh karena tanggal 11 April 2024 masuk dalam rentang waktu libur nasional dan cuti bersama Idul Fitri 1445 H, maka upacara peringatan baru dapat terselenggara hari ini. Semoga penundaan ini tidak mengurangi nuansa dan khidmatnya peringatan hari jadi ke – 209 Dompu.

Peserta Upacara dan Hadirin yang saya banggakan,


Pasukan Polisi Pamong Praja Kabupaten Dompu di Acara Peringatan HUT Dompu Ke-209 Tahun 2024

Pasukan Polisi Pamong Praja Kabupaten Dompu di Acara Peringatan HUT Dompu Ke-209 Tahun 2024

Sebagaimana yang dikemukakan oleh ahli sejarah putra asli kebanggaan Kabupaten Dompu, yakni Bapak Professor Helius Sjamsuddin, MA., PH.D, dalam makalah yang beliau sampaikan kepada Bupati Dompu, DPRD Dompu dan pihak terkait lainnya pada tahun 2004 yang silam, bahwa letusan maha dahsyat Gunung Tambora dengan puncak letusan pada tanggal 10 dan 11 April 1815, dengan segala dampak dan daya rusaknya yang luar biasa tetap harus dipandang sebagai rahmat tuhan yang tersembunyi (blessing in disguise). Dompu harus memulai sejarah baru dengan berjuang keras agar tetap survive dan lestari.


Jika puncak–puncak letusan gunung tambora kala itu dianggap sebagai malapetaka tertinggi maka titik – titik sejarah itu pula harus menjadi awal dari kebangkitan dompu lama sebelum letusan tahun 1815 dilanjutkan oleh dompu baru yang berangsur – angsur bangkit setelah peristiwa letusan itu.


Pasca letusan maha dahsyat itu, para leluhur dompu telah menunjukkan elan vital atau semangat hidup yang luar biasa, semangat hidup yang mengilhami segenap generasi kekiniaan dan generasi harapan di masa depan.


Warisan elan vital atau semangat hidup ini salah satu wajahnya adalah semangat membangun atau geliat pembangunan yang digelorakan oleh pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat.


Peserta Upacara dan Hadirin yang saya banggakan


Derap langkah dan gegap gempita pembangunan yang telah kita lalui bersama selama ini, telah membawa kabupaten dompu terus berkembang dan makin mengokohkan perannya dalam pembangunan regional dan nasional.


Apa yang kita saksikan dan rasakan saat ini, merupakan rangkaian buah karya bersama para pemimpin terdahulu dengan segenap komponen masyarakat dompu yang telah berjasa meletakkan pondasi yang kokoh bagi pembangunan daerah dan dilanjutkan oleh para pemegang tampuk amanah pemerintahan dari masa ke masa hingga periode pemerintahan AKJ- SYAH sekarang ini, dengan  Visi Dompu Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius).


Peserta Upacara dan Hhadirin yang saya banggakan


Momentum hari jadi tahun Dompu yang rutin kita peringati saban tahun, setidaknya menyediakan ruang dan waktu yang lapang untuk mengkaji kembali tentang hasil pembangunan yang telah kita raih sembari berjiwa besar mengakui dan menghimpun hal-hal yang masih menbutuhkan pembenahan serta ruang bagi kita untuk merenda harapan untuk masa depan yang lebih cemerlang.


Hadirin Peserta Upacara yang saya banggakan;


Terkait dengan capaian pembangunan yang dapat kami sampaikan dalam peringatan hari jadi ke 209 dompu, yang berdekatan dengan peringatan ketiga tahun masa pemerintahan kami atau tiga tahun masa perwujudan visi dompu mashur, tanpa bermaksud hiperbolik atau lebay seperti istilah anak zaman sekarang, izinkan kami mengutip kembali pidato peringatan tiga tahun masa kepemimpinan akj–syah terkait capaian pembangunan yang telah diraih oleh Kabupaten Dompu, yakni sebagai berikut:


Tujuan utama pembangunan adalah untuk meningkatkan kesejahteaan masyarakat. Tingkat kesejahteraan tersebut terukur dalam berbagai indikator makro pembangunan.

Perkembangan indikator makro pada tahun 2023 menunjukan perkembangan yang cukup positif. Perekonomian di kabupaten dompu pada tahun 2023 tumbuh lebih baik dibandingkan dengan tahun 2022. berdasarkan data resmi dari badan pusat statistik (bps) angka pertumbuhan ekonomi kabupaten dompu tahun 2023 sebesar 3,17 persen meningkat jika dibandingkan dengan capaian 2022 yaitu 2,95 persen. kenaikan ini terasa lebih berarti karena pada masa covid–19, pertumbuhan ekonomi sempat negatif (minus 3,21%).

Angka kemiskinan Dompu tahun 2023 adalah yang terendah ketiga di NTBb, hanya kalah dari kota mataram dan kota bima. angka kemiskinan Dompu tahun 2023 sebesar 12,62% sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan capaian tahun 2022 yang hanya sebesar 12,4%. Fenomena peningkatan angka kemiskinan ini tidak hanya terjadi di Kabupaten Dompu namun terjadi pada hampir di seluruh daerah se Indonesia

Angka pengangguran terbuka membaik menjadi 2,36 persen pada tahun 2023 dibandingkan pada tahun 2022 yang sebesar 2,5 persen.

Tingkat pengangguran terbuka kabupaten dompu pada tahun 2023 tercatat membaik sebesar 2,36 persen dari 2,5 persen pada tahun Pertumbuhan wirausaha baru yang positif serta fasilitasi terhadap UMKM dan IKM merupakan faktor yang turut mempengaruhi peningkatan angka tpt ini.

Pendapatan perkapita Kabupaten Dompu pada tahun 2023 tercatat sebesar 34.429.000,- (tiga puluh empat juta empat ratus dua puluh sembilan ribu rupiah) bertambah naik jika dibandingkan capaian pada tahun 2022 yang hanya sebesar rp. 32.638.000,-. (Tiga Puluh Dua Juta Enam Ratus Tiga Puluh Delapan Ribu Rupiah).

Kondisi gini rasio di Kabupaten Dompu pada tahun 2023 tercatat sebesar 0,33 poin masih dalam klasifikasi sedang.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Ddompu nomor lima se – NTB, dengan nilai yang terus meningkat. Capaian IPM Kabupaten Dompu tahun 2023 naik menjadi 71,77 poin dari 69,15 poin pada tahun 2022. nilai ipm di atas 70 poin, menjadikan Kabupaten Ddompu masuk kategori IPM tinggi atau berhasil dalam pembangunan manusia.

Pada sektor kesehatan Pravelensi Stunting di Kabupaten Dompu tahun 2023 tercatat 10,89 persen membaik jika dibandingkan dengan pencapaian tahun 2022 yang tercatat sebesar 13 persen.

Usia harapan hidup meningkat dan terus membaik menjadi 71,54 tahun pada tahun 2023 meningkat jika dibandingkan dengan capaian tahun 2022 yang sebesar 67,36 tahun.


Penghargaan akreditasi paripurna untuk 9 Puskesmas se kabupaten dompu dan rumah sakit umum daerah kabupaten dompu merupakan prestasi yang sangat membanggakan.


Demikian pula pada faktor pembentuk ipm lain yaitu sektor pendidikan dimana rata-rata lama sekolah mencapai 8,97 tahun dan harapan lama sekolah mencapai 13,83 tahun. meningkat dibandingkan dengan pencapaian tahun sebelumnya.


sementara kemampuan daya beli tahun 2023 tercatat sebesar 9,4 juta rupiah meningkat dibandingkan dengan capaian tahun 2022 sebesar 9,2 juta rupiah


Dalam tata kelola pemerintahan dan reformasi birokrasi, berdasarkan penilaian kemenpanrb, kabupaten dompu telah berupaya untuk mewujudkan tata kelola pemeritahan yang lebih baik melalui perbaikan berkelanjutan. hal ini ditandai dengan terus meningkatnya nilai indeks reformasi birokrasi kabupaten dompu dari 54,06 pada tahun 2022 poin menjadi 56,8 poin pada tahun 2023.

Dalam hal akuntabilitas kinerja pemerintah daerah, penilaian kemenpanrb mengkategorikan kabupaten dompu berkinerja baik (dengan skor 61,95 poin), dengan besaran nilai yang selalu meningkat dari tahun ke tahun.

Begitupun dengan pengelolaan keuangan daerah, kabupaten dompu telah meraih Opini Wajar Tanpa Ppengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Penghargaan sebagai kabupaten dengan yang berkinerja melalui  insentif  fiskal  dengan kategori upaya percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim oleh wakil presiden republik indoensia;

Kabupaten inovatif oleh kementerian dalam negeri republik indonesia;

Kabupaten dengan predikat a atau sangat baik dalam indeks pengelolaan keuangan daerah oleh kementerian dalam negeri republik indonesia;

Kabupaten layak anak oleh kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak republik indonesia;

Penghargaan kabupaten bebas polio oleh kementerian kesehatan republik indonesia;

Kabupaten dengan universal coverage health program jaminan kesehatan nasional-kartu indonesia sehat (jkn-kis) sebagai program strategis nasional;

Penghargaan dari komisi perlindungan anak indonesia atas komitmen terhadap perlindungan anak di daerah;

Penghargaan sebagai daerah dengan vaksinasi covid-19 dosis kedua tertinggi se ntb;

Juara 1 lomba keluarga berencana pria tingkat ntb;

Setelah lama berjuang, akhirnya, timbu dompu dan sarung muna pa’a telah mendapatkan sertifikat dan ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda indonesia oleh menteri pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi pada tanggal 25 oktober 2023;

Terakhir, setelah kabupaten dompu berikhtiar selama 15 tahun untuk terbangunnya pelabuhan kilo, akhirnya pada april 2024 ini, pemerintah pusat telah menandatangi kontrak proyek fisik pertama pembangunan pelabuhan kilo senilai 4,8 milyar dari anggaran apbn untuk pekerjaan lapangan penumpukan seluas 8000 meter persegi dan pagar keliling area pelabuhan.

Hadirin Tamu Undangan dan Peserta  Upacara yang saya banggakan,


Pepatah lama mengatakan bahwa tak ada gading yang tak retak, nothing is perfect, tak ada satu pun yang serba sempurna di dunia ini, di antara beberapa rekognisi dan apresiasi untuk kabupaten dompu di masa dompu mashur sebagaimana yang kami deretkan di atas, dengan besar hati kami menyadari dan mengakui bahwa masih terdapat beberapa hal yang masih dan mendesak membutuhkan pembenahan, di antaranya adalah akses air bersih atau air minum yang layak, penataan kota, penerangan jalan dan lainnya.


Walau sebenarnya, terhadap masalah air bersih ini, selama ini kami tak pernah berpangku tangan. secara mikro atau parsial, kami tetap responsif dengan melakukan penanganan secara parsial dan sporadis melalui pengeboran air tanah.


Secara makro atau komprehensif, resep utama untuk menangani persoalan air minum ini terutama di wilayah perkotaan (kecamatan woja dan dompu) adalah dengan memanfaatkan sumber air baku yang baru, yakni dam mila.


Hanya saja, pembangunan sistem penyediaan air minum (spam) mila ini membutuhkan biaya yang sangat besar hampir 150 milyar dan sebagian besar kewenangan pembangunannya berada pada pemerintah pusat.


Untuk itu, kami telah melakukan pendekatan kepada pemerintah pusat. dan dalam waktu dua tahun ini, dinas teknis terkait telah menyusun hampir 100% dokumen perencanaan yang dipersyaratkan oleh pemerintah pusat, termasuk di antaranya rencana penyehatan pdam.


Kami akan terus berikhtiar mempersiapkan segala persyaratan dari pemerintah pusat dengan harapan, pembangunan  spam mila dapat mulai dikerjakan pada tahun 2025.


Hadirin Tamu Undangan dan Peserta  Upacara yang saya banggakan,


Untuk persoalan penataan kota, kami telah menganggarkan dalam apbd tahun 2024 anggaran sebesar 2,6 milyar untuk pembangunan ruang terbuka hijau karijawa.


Di samping itu, untuk program penataan kota melalui kegiatan penggantian trotoar yang lebih indah, penerangan jalan, ruang terbuka publik karijawa, kebersihan dan keindahan wajah kota,  dapat kami pastikan telah masuk dalam Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025.


Peserta Upacara dan Hadirin yang berbahagia,


Terakhir, momentum peringatan hari jadi adalah waktu bagi kita untuk merenda harapan atau manufacturing hope  karena kita boleh saja kehilangan segalanya, asal jangan kehilangan harapan.


Maka dengan keluhuran sejarah masa lampau dan berbasis kondisi masa kini, maka mari kita menatap masa depan dompu dengan tatapan yang penuh optimisme dan dengan tangan yang saling berjabat erat dan saling merangkul.


Bersama dompu mashur kita berikhtiar menuju dompu emas di tahun 2045. bersama dompu mashur kita turut mengambil peran, bersinergi bersama– sama dengan ntb maju melaju guna mewujudkan Visi NTB Emas dan Indonesia Emas tahun 2024. Semoga dengan Dompu Mashur, Kabupaten Dompu semakin  mashur di kancah pembangunan nasional.


Peserta Upacara dan Hadirin yang berbahagia,


Sebelum saya mengkahiri sambutan ini saya mengucapkan     terimakasih yang setulus-tulusnya kepada pemerintah pusat dan pemerintah provinsi nusa tenggara barat atas dukungan, pembinaan, kerjasama dan alokasi anggarannya selama ini.


Terutama kepada Bapak Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat, Bapak Drs. H. Lalu Gita Aryiadi, M.Si yang telah banyak mendukung dan memfasilitasi Kabupaten Dompu.


Terima kasih tiada terhingga kepada Bapak Gubernur beserta Ibu yang telah meringankan langkah, meluangkan waktu dan menyisihkan kesibukan yang lainnya untuk bersama–sama dengan segenap elemen masyarakat Kabupaten Dompu dalam peringatan hari jadi ke 209 hari ini.


Selamat datang Bapak Gubernur teriring doa semoga Bapak Gubernur senantiasa sehat dalam mengemban amanah yang semakin berat, kepada Ketua dan Anggota DPRD, TNI/Polri maupun Forkopimda Kabupaten Dompu, kami tetap berharap agar kerjasama yang baik selama ini dapat terjaga demi membangun Dompu yang lebih baik lagi.


Kepada seluruh pendiri bangsa, khususnya pemimpin kabupaten dompu yang terdahulu, atas dharma bhakti dan jasa-jasa untuk dompu sehingga dompu dapat menjadi daerah otonom di wilayah negara kesatuan r  epublik indonesia  hingga saat ini.


atas dedikasi, pengabdian dan perjuangannya membangun daerah selama ini, kami berdoa atas perjuangannya, semoga Allah SWT membalasnya dengan ganjaran pahala terbaik disisinya dan kami siap melanjutkan cita-cita dan perjuangannya. Kepada Aparatur Sipil Negara lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu, Para Petani, Nelayan dan Peternak, Pedagang (Wwirausahawan) dan komponen masyarakat lainnya saya juga menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus atas kerja kerasnya.


Kepada seluruh komponen masyarakat dompu, serta semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, atas dukungan dan kerjasama yang baik selama ini.


Hadirin Yang Berbahagia;


Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dengan hikmah peringatan hari jadi dompu ke-209 terus menyalakan api semangat kita dalam membangun Dompu, Dana Bumi Nggahi Rawi Pahu. semoga daerah yang kita cintai bersama ini menjadi daerah yang Baldatun Toyiibatun, Warrabun Ghafur yang diberkahi dan di ridhoi Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal `Alamin.


Dirgahayu Dompu Tercinta, “Rekognisi dan Apresiasi untuk Dompu Mashur (Mandiri Sejahtera, Unggul dan Religius”


Terima kasih atas perhatiannya.

Wabillahi Taufik Walhidayah warridha Wal Inayah

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


(Prokopim Sekertaris Daerah Kabupaten Dompu/ory) ADVERTORIAL 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama