STOP PRESS : Kepada Nara Sumber SINARPENA.COM Diharap untuk tidak melayani wartawan kami yang KTA dan Kartu liputan Persnya sudah habis masa berlakunya. Demikian , atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

Kabupaten Dompu Gelar Hari Lahir Pancasila Yang Dirangkaikan Dengan Hari Kebangkitan Nasional

DOMPU NTB, SINAR PENA.COM -Upacara bendera guna memperingati hari Lahir Pancasila yang dirangkaikan dengan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2023, digelar Pemerintah Kabupaten Dompu di lapangan Beringin No. 1 Dompu Kamis, (1/6/023).


Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan ST, MT bertindak sebagai Inspektur upacara,  Komandan upacara Danramil 1614-01/Dompu, Kapten Kav. M. Kasim, Perwira upacara Kabag Ops Polres Dompu AKP Syamsu Rizal, Pengibar Bendera Merah Putih anggota Paskibraka Kabupaten Dompu.

Naskah Pembukaan UUD 1945 dibacakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Dompu, Andi Bachtiar A. Md Par, dan pembacaan doa Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu Syamsu Ilyas, M. Si.


Wabup Dompu H. Syahrul Parsan, ST, MT dalam sambutannya mengatakan, Pancasila lima sila yang dimilikinya, itu memberikan pedoman bagi kita sebagai warga negara dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Hari lahir Pancasila adalah saat yang tepat bagi kita untuk merefleksikan makna dan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila, serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari”, terangnya.


Mengingatkan kepada kita semua, agar kita renungkan kembali dan mengenang perjuangan para Pahlawan kemerdekaan yang telah berjuang untuk kemerdekaan dan kebebasan kita.

“Mari kita jaga dan lestarikan warisan perjuangan mereka dengan menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila dan pada hari ini juga kita memperingati hari Kebangkitan Nasional ke 115 ” ujar wakil bupati.


Amanat Menteri Komunikasi dan Informatika RI, yang dibacakan Wakil Bupati menghimbau seluruh elemen bangsa harus  saling bahu- membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun.


Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukan bahwa perekonomian Indonesia di tahun 2022 tercatat tumbuh 5,31% jauh meningkat dari pertumbuhan di tahun 2021 sebesar 3,70% dan bahkan melebihi capaian pertumbuhan sebelum masa pandemi di tahun 2019.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan I tahun 2023 pun masih tercatat, terus bertumbuh sebesar 5,03% , ini menunjukkan performa yang lebih baik dari periode triwulan IV tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01% .


“Tentu kita berharap agar capaian-capaian ini, dapat kita pertahankan dan terus tingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa indonesia”,  tutupnya. (Prokopim/ory)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama