STOP PRESS : Kepada Nara Sumber SINARPENA.COM Diharap untuk tidak melayani wartawan kami yang KTA dan Kartu liputan Persnya sudah habis masa berlakunya. Demikian , atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

BADAN INTELIJEN NASIONAL ( BIN ) DAERAH NTB TERUS GENJOT VAKSIN BOSTER DI WILAYAH KABUPATEN DOMPU

 


MATARAM,  SINARPENA.COM -  Munculknya sub varian Omicron BA.4 dan BA.5 perlu segera dicegah dengan meningkatkan kekebalan komunal di tengah masyarakat. Pemberian dosis ketiga atau booster harus segera digencarkan agar ketahanan masyarakat menghadapi risiko penularan Covid-19 tetap memadai. Hal inilah yang mendorong Badan Intelijen Negara (BIN) terus mengintensifkan kegiatan vaksinasi di semua wilayah termasuk di Prov. Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Kabinda NTB, Wara Winahya mengungkapkan bahwa perlindungan yang ditawarkan oleh vaksin primer 2 dosis tidak cukup. Vaksin hanya 2 dosis, masih kurang manjur terhadap infeksi Omicron, tetapi masih melindungi terhadap kasus penyakit yang parah. Vaksin booster memastikan bahwa lebih banyak antibodi terbentuk, menawarkan lebih banyak perlindungan. 

"Kami rekomendasikan agar orang tua dan orang-orang dalam kelompok berisiko mendapatkan vaksin booster lagi untuk perlindungan ekstra. Pasalnya, kedua varian ini mempertajam kemampuannya untuk menghindari antibodi yang ditawarkan oleh vaksin. Maka dari itu, segeralah mendapatkan booster," ujar Wara.



Dalam upaya mengintensifkan vaksinasi ini, Wara dan tim vaksinasi Binda NTB setiap harinya akan melayani pemberian vaksinasi dosis primer (1 dan 2) serta booster kepada 6.500 orang penerima vaksin. Tim vaksinasi Binda NTB bekerja sama dengan sejumlah Puskesmas yang tersebar di 10 Kab/Kota di NTB.

"Kami optimistis, upaya BIN lewat vaksinasi yang kita gencarkan sejak awal pandemi dapat mengawal kekebalan komunal di masyarakat, sehingga lonjakan kasus positif Covid-19 pun dapat kita halau dengan baik," katanya.

Dia juga berharap, masyarakat tetap menerapkan pola gaya hidup sehat dengan menjaga protokol kesehatan dan melengkapi vaksinasi hingga dosis ketiga, meskipun pemerintah saat ini melonggarkan beberapa kebijakan Covid-19.



"Pemerintah memang mengizinkan untuk tidak memakai masker di ruang terbuka dan tidak ramai, serta melonggarkan kebijakan tes antigen dan PCR saat melakukan perjalanan dalam dan luar negeri. Namun, saya meminta masyarakat tak abai akan ancaman Covid-19 dengan tetap menerapkan Prokes saat beraktivitas dan melengkapi dosis vaksinasi," pungkasnya.

Sementara itu, diwilayah Kab Dompu Selasa (21/6/2022), Binda NTB bersama Dikes Dompu dan beberapa Puskesmas melaksanakan vaksinasi serentak dengan sasaran utama dosis 3 Boster disamping melayani untuk dosis 1 dan 2 bagi masyarakat umum termasuk pelajar. Kepala PKM Dompu Kota H Syarif Efendi, mengaku senang mendapat dukungan dari Binda NTB sinergitas dengan TNI/Polri dalam rangka mempercepat vaksinasi dosis 3 Boster. "Insya Allah kami optimis bahwa 2 bulan kedepan capaian vaksin Boster di Kab Dompu bisa tembus diatas 70 persen,"katanya di lokasi vaksin Gedung PKM Dompu Kota (21/6/2022). (*/ ory )


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama