STOP PRESS : Kepada Nara Sumber SINARPENA.COM Diharap untuk tidak melayani wartawan kami yang KTA dan Kartu liputan Persnya sudah habis masa berlakunya. Demikian , atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

Wakil Bupati Dompu Bersama DPRD Gelar Rapat Raripurna

 



DOMPU NTB,SINAR  PENA.COM - Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST. MT menghadiri rapat paripurna DPRD Kabupaten Dompu dengan agenda penyampaian hasil pembahasan pansus dan catatan strategis DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Dompu pelaksanaan APBD tahun anggaran 2023, berlangsung di ruang rapat paripurna, Kamis (02/05/24)


H. Syahrul Parsan dalam sambutannya menyampaikan selama berjalannya roda pemerintahan Kabupaten Dompu tahun 2023, setidaknya saya mencatat terdapat 3 aspek yang menjadi fokus bahasan dalam catatan strategis dan rekomendasi DPRD terhadap LKPJ , yaitu aspek hukum dan pemerintahan, aspek ekonomi dan keuangan, dan aspek pembangunan dan kesejahteraan umum, secara umum.

Catatan dan rekomendasi tersebut berisi analisis struktural dan fungsional terkait masalah dan kendala termasuk keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan sepanjang tahun 2023.


Melanjutkan, penguatan reformasi birokrasi dan peningkatan pelayanan publik paling mendapat banyak perhatian. Secara struktural dan fungsional keduanya memiliki hubungan saling mempengaruhi, penguatan dan perbaikan kinerja kelembagaan akan berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan publik. 

Sehingga diskursus efektifitas dan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan tidak sepenuhnya masalah gemuk atau kurusnya struktur birokrasi atau perangkat daerah, akan tetapi dipengaruhi oleh upaya perbaikan kinerja penyelenggaraan pemerintahan dalam hal ini memiliki korelasi berkorelasi dengan dinamika perubahan fungsional kelembagaan birokrasi. 

Oleh karena itu yang perlu dijaga adalah konsistensi dalam upaya dan strategi perbaikan kinerja, pencapaian target dan penyusunan program dan kegiatan. “Sehingga dampak dan manfaat pembangunan lebih dirasakan oleh masyarakat serta mengurangi devisi pencapaian visi misi pemerintah daerah”ungkapnya.


Menutup sambutannya Wabup menyampaikan, hari ini sebagai Wakil Bupati merasa mendapat kebanggaan yang tinggi dari DPRD karena dalam catatan dan rekomendasinya tidak hanya berisi saran dan koreksi atas penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Dompu di tahun 2023, tetapi juga memuat pengakuan dan penghargaan atas prestasi Bupati khususnya dalam tata kelola keuangan dan perbaikan penyediaan pelayanan dibidang kesehatan.

Sebagai buktinya sekarang dua rumah sakit telah mendapat akreditasi  Paripurna untuk RSUD Dompu dan akreditasi utama untuk rumah sakit Manggelewa.

 

“Adanya pengakuan dan penghargaan ini membuktikan bahwa dalam penyelenggaraan fungsi antara DPRD dengan pemerintah daerah  terjadi relasi berimbang dan egaliter dengan tetap dalam mekanisme cek and balance”ujarnya.


Paripurna berlangsung aman tertib dan lancar dihadiri oleh Pimpinan dan anggota DPRD, Ketua Pengadilan Negeri Dompu, Perwakilan Dandim dan Polres Dompu, Sekda, Staf Ahli, Asisten, Sekretaris Dewan, Pimpinan Perangkat Daerah serta sejumlah pejabat struktural dan fungsional lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu (Prokopim/ory)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama