STOP PRESS : Kepada Nara Sumber SINARPENA.COM Diharap untuk tidak melayani wartawan kami yang KTA dan Kartu liputan Persnya sudah habis masa berlakunya. Demikian , atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

Verifikasi Lapangan Kampung KB Oleh Tim Verifikasi Kampung KB Provinsi NTB


DOMPU NTB,SINAR PENA.COM-  Tim Verifikasi Penilai Kampung Berencana Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat, pada Kamis, (30/03/23) melakukan Verifikasi lapangan di Kampung KB Teluk Saleh Desa Soro Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu.


Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Dompu, Pimpinan OPD terkait, Anggota DPRD, Tim Verifikasi dari Provinsi NTB, Camat Kempo, Muspika Kecamatan Kempo, Kepala Desa Soro, Ketua PKK Kecamatan Kempo, Ketua IBI Dompu, Ketua Ikatan Penyuluh KB Dompu,Ketua PKK Desa Soro, Kader Posyandu, warga setempat dan jajaran pengurus Kampung KB Desa Soro.


Ketua Tim Verifikasi penilaian kampung KB tingkat Provinsi NTB Wahyu Hidayat Yusuf, SS., M.Sc dalam sambutanya mengatakan tujan inti dari kampung KB adalah menggali potensi-potensi yang ada di masyarakat dengan modal dasar kebersamaan dari masyarakat itu sendiri. Kampung KB Desa Soro telah memenuhi kriteria tersebut dan profilnya sangat bagus serta layak bersaing ditingkat Provinsi NTB.



“Profil kampung KB Teluk Saleh Desa Soro termasuk kampung KB yang sangat bagus yang ada di Provinsi NTB. Tapi untuk menjadi juara 1 kami perlu mengadakan penilaian yang lebih mendalam, “katanya.


Sedangkan Sekda Dompu Gatot Gunawan PP,  SKM., M.Mkes dalam sambutanya mengucapkan selamat datang kepada Tim Verifikasi tingkat Provinsi NTB dan mengucapkan terima kasih atas kehadiranya di Kampung KB Desa Soro.


Kampung KB yang berada di Kabupaten Dompu  merupakan Kampung KB yang mewakili Pulau Sumbawa untuk lomba di Tingkat Provinsi, ini merupakan capaian yang luar bisa hasil kerja keras semua pihak sehingga Kampung Keluarga Berkualitas Teluk Saleh Desa Soro ini bisa menjadi wakil yang dipilih di Pulau Sumbawa.

“Ini capaian yang luar biasa, saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak dan tim yang telah bekerja keras sehingga Kabupaten Dompu melalui Kampung keluarga berkualitas ini dapat mengikuti lomba di tingkat provinsi dan semoga bisa mewakili NTB ke tingkat Nasional,” ucap Gatot.


Oleh karena itu beliau berharap dengan kehadiran tim verifikasi tersebut akan ada dampak positif guna kemajuan dan peningkatan program-program unggulan kampung KB Teluk Saleh Desa Soro, sebab kampung KB bukan hanya dalam arti Kampung Keluarga Berencana, akan tetapi, harus bisa menjadi kampung yang berkualitas, seperti peduli terhadap pendidikan tidak ada anak putus sekolah, warga harus mempunyai KTP, tidak ada pelecehan sexual, tidak ada kekerasan terhadap perempuan anak dan tidak ada pengangguran minimal mempunyai keterampilan sehingga menghasilkan masyarakat yang berkualitas juga.


Diwaktu bersamaan Kepala Dinas BKKBN Kabupaten Dompu Hj. Iris Juwita Kastianti, SKM., M. Mkes menjelaskan bahwa melalui Kampung KB ini nantinya diharapkan pelaksanaan program KKBPK dan program-program pembangunan lainnya dapat berjalan secara terpadu dan bersamaan.



Hal ini sesuai dengan amanat yang tertuang dalam agenda prioritas pembangunan terutama agenda prioritas ke-3 yaitu “memulai pembangunan dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan”.


Oleh karena itu cukup beralasan apabila pembangunan kependudukan dimulai dari wilayah-wilayah pinggiran yaitu kampung, karena kampung merupakan cikal bakal terbentuknya desa.


“Desa Soro merupakan salah satu dari 19 Desa Kampung KB di Kabupaten Dompu yang dicanangkan sebagai Desa Kampung KB pada tanggal 21 Agustus 2017. Semoga Kampung KB Teluk Saleh Desa Soro bisa mewakili Provinsi NTB untuk mengikuti Kampung KB diajang Nasional,” tutur Umi Iris. (Prokopim/ory)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama