STOP PRESS : Kepada Nara Sumber SINARPENA.COM Diharap untuk tidak melayani wartawan kami yang KTA dan Kartu liputan Persnya sudah habis masa berlakunya. Demikian , atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

Pemda Dompu Peringati Isra Mi’raj 1444 H / 2023 M Bupati : Isra Mi'raj Bukan Hanya Ritual



DOMPU NTB, SINAR PENA.COM - Peringatan hari Isra  Mi'raj 1444 H/2023 M  dilingkup Pemerintah kabupaten Dompu NTB berlangsung di aula pendopo bupati,Sabtu 28/02/2023

Peristiwa mengenang hijrahnya Nabi Muhammad Saw dalam menerima perintah shalat diisi dengan tausiah yang disampaikan Habib Hasan Bin Ismail Al Muhdor dari Probolinggo Jawa Timur.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Dompu H. Kader Jaelani, Ketua DPRD Andi Bachtiar A.Md. Par. Kapolres Dompu AKBP Iwan Hidayat, Dandim 1614/Dompu Letkol  Kav. Taufik S.Sos. Sekda Gatot Gunawan PP. SKM. MM.Kes. Pimpinan OPD, Kepala Kantor Kemenag Dompu, Ketua MUI , Ketua, TP. PKK, GOW, DWP, tokoh agama serta tokoh masyarakat.




Bupati Dompu dalam sambutannya menyampaikan peristiwa Isra Mi’raj salah satu mu’jizat luar biasa yang diterima dan dialami langsung oleh Nabi Muhammad SAW, berupa perintah shalat lima waktu.

Ini menunjukkan shalat merupakan ibadah yang istimewa dihadapan Allah SWT dibandingkan ibadah yang lain.

Peringatan yang diadakan tiap tahun ini bukan hanya ritual semata, akan tetapi kita ambil hikmahnya dan diimpelementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Agar dapat mempertebal rasa cinta kepada Rasul SAW dan menambah  keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT”harapnya.

Kader Jaelani menambahkan  Alhamdulillah surat edaran nomor : 300/09/DPPPA/SE 2023 tentang “Pemberlakuan jam malam bagi anak di Kabupaten Dompu” sampai saat ini menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Kenakalan dan kriminalitas remaja berkurang.

“Pemberlakuan jam malam diupayakan demi menyelamatkan generasi dan anak kita dari degradasi akhlak demi masa depan daerah dan negara kita” pungkasnya.



Kesempatan yang sama Habib Hasan Bin Ismail Al Muhdor dalam tausiah ceramahnya mengatakan semakin besar cinta kita kepada nabi, maka semakin besar juga kadar keimanan kita kepada Allah SWT begitu juga sebaliknya.

“Bahkan  seseorang ketika cinta kita kepada Rasul SAW akan melebihi cintanya kepada istri, anak, orang tua dan sahabat dekat”ungkapnya.

Agama Islam dalam Al Qur’anul Karim selain memberi pemahaman kepada kita tentang kejadian  yang akan terjadi di masa depan, akan tetapi mengulas peristiwa masa lampau.

Peringatan Maulid Nabi mengenang sejarah dan kehidupan Nabi, Nuzulul Quran mengingat peristiwa turunnya Al Qur’an , sama seperti peringatan Isra Mi’raj yang diperingati malam ini .

Mengingatkan kembali kepada kita semua tentang keutamaan shalat dan peristiwa dahsyat yang dialami Rasul SAW pada proses penerimaan dihadapan Allah SWT.  (Prokopim/ory)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama