STOP PRESS : Kepada Nara Sumber SINARPENA.COM Diharap untuk tidak melayani wartawan kami yang KTA dan Kartu liputan Persnya sudah habis masa berlakunya. Demikian , atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

Bupati Dompu Apresiasi Kinerja Jajarannya Dalam Komitmen Terwujudnya STBM

 



DOMPU NTB, SINARPENA.COM - Kinerja Bupati Dompu bersama jajarannya dalam membangun komitmen terwujudnya pola hidup bersih dan sehat melalui Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) mendapat pengakuan dari Pemerintah Pusat.

Pengakuan tersebut dibuktikan dengan dianugerahinya Kabupaten Dompu sebagai salah satu Kabupaten/Kota yang layak untuk menerima “Penghargaan STBM Award” tahun 2022.

Penghargaan dimaksud diserahkan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, diwakili oleh Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, Rabu (23/11/22) di Jakarta dan diterima langsung Bupati Dompu, H Kader Jaelani.



Menteri Kesehatan RI, melalui Direktur P2P, Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM., MARS, dalam kesempatan yang berlangsung menyebut ada 4 kategori penghargaan yang diberikan, yaitu Penghargaan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat (PBUS), Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award, Penghargaan Penyelenggaraan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit, Penghargaan Sentra Pangan Jajanan / Kantin Yang Memenuhi Syarat Higiene Sanitasi.

Bupati / Wali Kota Peraih Penghargaan STBM Award 2022

Kata Maxi Rein Rondonuwu penghargaan dimaksud menjadi bentuk apresiasi Pemerintah Pusat atas kinerja petugas, institusi dan pemerintah daerah dalam mengadvokasi dan meningkatkan komitmen pembinaan untuk mendorong, menstimulasi keberhasilan penyelenggraan program penyehatan lingkungan.

“Pemberian penghargaan dimaksud dihajatkan selain dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional Ke-58 Tahun 2022 juga untuk percepatan transformasi kesehatan”, ucapnya.
Bupati Dompu, H Kader Jaelani seusai menerima anugerah STBM Award Tahun 2022 dari Menteri Kesehatan, atas anugerah penghargaan yang diterima mengapresiasi kinerja jajarannya.



“STBM Award yang diterima menjadi bukti adanya komitmen yang kuat dan semangat kebersamaan yang tinggi dari semua elemen masyarakat, bahu membahu berupaya sungguh-sungguh membawa perubahan dan kemajuan bagi daerah”, ucap Bupati memberikan apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat yang ikut ambil bagian menghantarkan Dompu mendapatkan STBM Award tahun 2022.

Anugerah ini tentu tidak mudah diraih semudah membolak balikan kedua tangan, kerena harus bersaing dengan Kabupaten/Kota lainnya, namun kata Bupati AKJ, dengan komitmen yang kuat yang mampu dibangun oleh semua pihak membuat Dompu mendapatkan penilaian yang lebih sehingga layak mendapatkan STBM Award Tahun 2022.

Di momen ini juga Bupati AKJ kembali menegaskan bahwa apa yang diraih tersebut bukan menjadi akhir dari sebuah perjuangan dalam mewujudkan kemajuan dan perubahan bagi daerah, namun masih banyak pekerjaan rumah yang harus senantiasi mendapat perhatian.

“STBM Award yang diraih ini bukan menjadi akhir dari perjuangan dalam mewujudkan kemajuan dan perubahan yang lebih baik bagi daerah, namun menjadi motivasi bagi semua pihak bahwa apabila dapat melakukan sesuatu hal dengan baik berdasarkan standar dan kaidah yang ditentukan, maka kinerjanya akan diakui dan diterima, inilah yang diharapkan, sehingga dapat terus bekerja secara maksimal sesuai dengan tugas dan perannya masing-maing”, tuturnya memberi semangat.

menerapkan Pilar Ke-4mm; dan Pilar Ke-5 STBM,m yaitu; Pengolahan Sampah Rumah Tangga (PSRT) dan Pembuangan Limbah Air Limbah Rumah Tangga (PL-ALRT), sementara untuk Pilar Ke-1, 2 dan 3, yaitu Stop Buag Air Besar Sembarangan (SBABS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), dan Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga (PAMM-RT) sudah mampu diupayakan.

“Untuk menuntaskan pekerjaan rumah tersebut, tentunya semangat kebersamaan dan kerjasama dari semua pihak masih terus dibangun dan diupayakan”, harapnya.

Diakhir penyampaiannya Bupati AKJ juga mengharapkan doa dari seluruh lapisan masyarakat agar Bupati dan Jajarannya terus diberikan kekuatan dan kesehatan yang prima dari Allah SWT.

“Dukungan do’a dari seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Dompu, tentunya diharapkan, sehingga dengan kekuatan dan kesehatan yang prima, berbagai hal yang diamanatkan dapat dengan mudah dilakukan dengan sebaik-baiknya”, sebutnya. (Prokopim/ory).
 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama