STOP PRESS : Kepada Nara Sumber SINARPENA.COM Diharap untuk tidak melayani wartawan kami yang KTA dan Kartu liputan Persnya sudah habis masa berlakunya. Demikian , atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

Wakil Bupati Dompu NTB , H. Syahrul Parsan Ajak Semua Elemen Masyarakat Sukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional ( BIAN )

 

DOMPU NTB, SINARPENA.COM –  Wakil Bupati Dompu NTB , H. Syahrul Parsan ST,MT  melakukan pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional ( BIAN ) didesa  Manggeasi kecamatan Dompu NTB ,Rabu 18/05/2022 pukul 08.30 WITA.

Hadir dalam kegiatan tersebut  Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili Sekertaris dinas, Omiyati Fatimah, S.Sos., M.PH., Ketua Tim Penggerak PKK, Lilis Suryani Kader Jaelani, Ketua GOW, Hj. Siti Faridah H. Syahrul Parsan, Ketua DWP, Ny. Yeyen Gatot Gunawan PP.

Selain itu juga hadir Anggota Forkompimda, Camat Dompu, Kepala Bidang Lingkup Dinas Kesehatan, Kepala Puskemas Dompu Kota, petugas kesehatan, kader posyandu, para orang tua dan elemen penting lainnya lingkup Desa Manggeasi.



Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan dalam sambutannya mengatakan bahwa  dengan memberikan imunisasi lengkap terhadap anak merupakan salah satu bagian dari rasa menyayangi buah hati.
 
“ Dengan melakukan atau memberi imunisasi secara lengkap kepada buah hati khususnya kepada balita, menunjukan sebagai orang tua kita sayang kepada anak-anak atau buah hati kita. Kedepannya anak anak kita  bisa tumbuh menjadi anak yang sehat dan tangguh dari serangan berbagai penyakit. Imunisasi menjadi upaya yang dilakukan untuk menyiapkan balita bisa tumbuh menjadi anak yang sehat dan tangguh dari serangan berbagai penyakit kedepannya”, ujar wakil bupati.

Selanjutnya wakil bupati menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Bumi Nggahi Rawi Pahu untuk   mendukung penuh kegiatan dan mensukseskan program Bulan Imunisasi Anak Nasional dengan membawa balitanya untuk diimunisasi.



Dalam kesempatan  tersebut wakil bupati Dompu  H. Syahrul Parsan  juga mengungkapkan bahwa  selama pandemi covid-19 berlangsung, angka cakupan imunisasi pada balita terjadi penurunan dan melalui BIAN  yang dicanangkan hari ini diharapkan angka cakupan vaksinasi pada balita kembali meningkat.

Sementara itu  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu yang diwakili Sekertaris Dinas, Hj. Omiyati Fatimah, S.Sos., M.PH, mengatakan bahwa kegiatan BIAN  yang berlangsung merupakan tindaklanjut dari Surat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB Nomor: 443.32/28/P2P/III/2022 tanggal 11 Maret 2002 perihal Pelaksanaan Bulan Imunisasi Nasional tahun 2022.

”  Berdasarkan arahan dimaksus Bian dilakukan dalam dua tahap yaitu imunisasi tambahan (campak-rubella) dengan pemberian satu dosis imunisasi campak-rubella tanpa memandang status imunisasi sebelumnya  dengan sasaran usia 9 bulan sampai dengan usia kurang dari 12 tahun,” ujar sekdis  yang akrab disapa  Dae Omi.

Dikatakan juga bahwa  Imunisasi kejar (bagi yang tidak pernah/belum lengkap OPV. IPV dan DPT-HB-Hib) yaitu pemberian satu atau lebih jenis imunisasi untuk melengkapi status imunisasi dasar maupun lanjutan bagi anak yang belum menerim dosis vaksin sesuai usia dengan sasaran usia 12-59 bulan.

“BIAN dimulai tanggal 18 Mei 2022 di Posyandu, SD/MTS dan diminta masing-masing Puskesmas melaksanakan pencanangan kegiatan BIAN tahun 2022 di wilayah kerja masing-masing”, ujarnya. (Prokopim/ory).



Komentar Pembaca

Lebih baru Lebih lama