STOP PRESS : Kepada Nara Sumber SINARPENA.COM Diharap untuk tidak melayani wartawan kami yang KTA dan Kartu liputan Persnya sudah habis masa berlakunya. Demikian , atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan ST.MT Minta Dinas Terkait Bersinergi Untuk Tuntaskan Masalah Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM )

 


DOMPU NTB, SINARPENA.COM – Dalam rangka mensukseskan program Jangka Panjang Menengah Nasional ( RPJMN ) ,pemerintah kabupaten Dompu melalui Dinas Kesehatan melakukan Deklarasi  5 (lima) Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM ) yang digelar dihalaman kantor Camat  Hu’u Rabu 11/05/2022, dan dihadiri oleh wakil bupati Dompu H. Syahrul Parsan ST,MT,  Jajaran Forkopimda, Sekda ,Pimpinan OPD terkait, Unsur Muspika, Camat, Ketua TP. PKK, GOW dan elemen penting lainnnya

Dalam sambutannya wakil bupati Dompu H. Syahrul Parsan mengatakan bahwa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat  bertujuan untuk mewujudkan prilaku masyarakat yang Higienis dan Saniter secara mandiri dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setingggi-tingginya.

Hal ini dilakukan dengan cara menerapkan 5 pilar STBM dengan cara : Pertama stop buang air sembarang tempat (stop babs), Kedua cuci tangan pakai sabun, Ketiga pengelolaan air minum dan makanan di rumah tangga, Keempat pengamanan sampah rumah tangga dan terakhir pengamanan limbah cair rumah tangga.

“ Berbicara mengenai sanitasi total, domain kerjanya bukan hanya dilimpahkan pada Dinas Kesehatan semata, akan tetapi perlu ada upaya kolaboratif dan rembuk dengan Dinas terkait lainnya seperti PUPR yang menangani air bersih, DPMPD yang fungsi koordinasi tiap Desa, Perkim masalah jamban dan Lingkungan Hidup yang berurusan dengan masalah limbah rumah tangga yang berbentuk cair dan padat harus duduk bersama membicarakan hal ini,” ujar wakil bupati H.Syahrul Parsan ST.MT.

Dalam kesempatan tersebut wakil bupati menekankan bahwa  deklarasi yang dilakukan tidak hanya seremonial belaka,tetapi  harus ada pengawalan terhadap program yang telah dicanangkan oleh OPD terkait  dan harus memeriksanya secara berkala.  Keberhasilan Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat  tidak hanya bisa dilakukan Pemerintah daerah sendiri harus melibatkan unsur yang lain.
“PT. STM dengan dana CSR nya dan  Baznas Kabupaten Dompu, diharapkan kontribusi nyata membantu apa yang menjadi Program Pemerintah pusat ini” Harap wakil bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Dompu, Maman SKM. M.M.Kes menyampaikan bahwa dirinya  mengutip pernyataan ahli kesehatan masyarakat  Hendri Agung. Menurutnya ada 4 faktor yang mempengaruhi  tenaga kesehatan masyarakat.
Faktor yang dimaksud Pertama faktor lingkungan, Kedua faktor prilaku, Ketiga faktor pelayanan kesehatan masyarakat dan terakhir dan faktor keturunan
paling dominan dari keempat faktor diatas adalah faktor lingkungan, bila lingkungan sanitasi buruk akan berdampak bagi kesehatan masyarakat dan akan menimbulkan banyak penyakit baik itu diare, malaria, demam berdarah, kecacingan dan penyakit lainnya.

“Deklarasi STBM di Kecamatan Hu’u pada hari ini sebagai bukti bahwa Kecamatan ini telah berhasil mengatasi penyakit tersebut terutama penyakit menular” katanya
Kemudian pada kesempatan yang sama Camat Hu’u Muhtar S.Sos merasa bahagia dan bangga atas terselenggaranya deklarasi 5 Pilar STBM di Kecamatan kami .

“ Sebagai bentuk komitmen kami, berjanji kedepannya akan terus mengawal dan mempertahankan dan meningkatkan perilaku Higiene dan Sanitasi yang aman dalam kehidupan sehari-hari.”ungkapnya. (Prokopim/ory)

Komentar Pembaca

Lebih baru Lebih lama