STOP PRESS : Kepada Nara Sumber SINARPENA.COM Diharap untuk tidak melayani wartawan kami yang KTA dan Kartu liputan Persnya sudah habis masa berlakunya. Demikian , atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

Targetkan Tahun 2023 Raih SAKIP Kategori “ BB” Wakil Bupati Dompu Launching Aplikasi Pintar E-SAKIP, SI JARA PASAKA Dan E-SALAJA

 


DOMPU NTB, SINARPENA.COM - Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., melaunching Aplikasi E-SAKIP, SI JARA PASAKA DAN E-SALAJA sebagai apilikasi pintar yang dapat menjadi pendukung dalam peningkatan pemberian pelayanan kepada publik di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu.

Launching yang dilangsungkan Kamis (19/05/22) sekitar pukul 08.30 Wita – Selesai di Aula Pendopo Bupati Dompu, Wabup juga mengungkapkan target capaian SAKIP (Sistim Akuntabilitas Kinerja Pemerintah) di tahun 2023 dengan kategori “BB” setelah di tahun ini sukses meraih SAKIP dengan kategori “B”.

“Di tahun 2023 nanti Kabupaten Dompu menargetkan meraih SAKIP dengan kategori “BB” setelah  sukses meraih SAKIP dengan kategori “B” tahun ini,” ucapnya memberi semangat kepada jajarannya.

Lanjut Wabup menyampaikan SAKIP sebagai sebuah sistem yang terintegrasi mulai dari perencanaan, pengganggaran sampai pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.



Berikutnya Wabup H. Syahrul Parsan mengungkapkan launching yang berlangsung tidak semata bersifat seremonial, tetapi sekaligus peletakan fondasi dasar komitmen bersama antara jajaran Pemda Dompu dalam mempercepat pencapaian target RPJMD Tahun 2021-2026.

“Saya berharap dengan kegiatan launching yang dilaksanakan hari ini tidak hanya bersifat seremonial belaka namun menjadi momentum yang baik bagi kita semua dalam memacu semangat dan kekuatan untuk melakukan yang terbaik dengan menghasilkan kinerja secara maksimal bagi kemajuan dan perubahan daerah ini kearah yang jauh lebih baik lagi”, tuturnya.

Berikutnya dengan berlangsungnya kegiatan launching tersebut Wabup H. Syahrul Parsan juga memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada berbagai pihak baik di tingkat Pusat, tingkat Provinsi NTB maupun di Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu.

“Dengan terselenggaranya kegiatan launching ini saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dengan harapan apa yang telah diupayakan dengan baik ini  diharapkan kedepannya mampu meningkatkan kebersamaan, kerjasama saling bahu membahu, bersinergi dan berkolaborasi, antara satu dengan lainnya untuk melakukan percepatan dalam peningkatan nilai SAKIP menuju SAKIP Dompu “BB” di tahun 2023”, terang Wabup.

Lanjutnya dengan terselenggaranya kegiatan ini juga kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Kementerian PAN-RB RI, Gubernur NTB, Sekda NTB, Kepala Dinas Dskominfotik NTB, Kepala Biro Organisasi Setda NTB yang mengijinkan penggunaan E-SAKIP oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu.

Diakhir penyampaiannya Wabup H. Syahrul Parsan menyampaikan harapannya untuk kemajuan dan perubahan daerah kearah yang jauh lebih baik dari sekarang agar jajarannya dapat meningkatkan komitmennya dalam penguatan akuntabilitas kinerja di wilayah tugas atau OPD masing-masing.

“Saya berharap kepada  kita semua untuk terus meningkatkan komitmen dalam penguatan kinerja di OPD masing-masing dengan melakukan pemantauan secara berkala terhadap capaian kinerja sebagaimana yang dijanjikan dan ditandatangani kemudian dilakukan evaluasi atas kinerja yang dihasilkan”, ungkapnya mengakhiri penyampaiannya.

Berikutnya Sekda Dompu, Gatot Gunawan PP, SKM., M.Mkes dalam laporannya menyebut guna menunjang pencapaian nilai SAKIP dengan target “BB” di tahun 2023, juga akan dilakukan lounching Aplikasi Pintar Si Jara Pasaka, Aplikasi e-Salaja dan e-Sakip. “Di momen ini kita juga akan melaunching aplikasi pintar Si Jara Pasaka, E-Salaja dan E-SAKIP untuk menunjang pencapaian nilai Sakip Kabupaten Dompu dengan kategori “BB” di tahun 2023”, paparnya.

Lanjutnya Aplikasi Si Jara Pasaka memiliki manfaat untuk memudahkan pengaturan dan pelayanan keprotokolan kegiatan pimpinan daerah, koordinasi antar OPD lebih efektif, dan partisipasi masyarakat dapat lebih meningkat pada kegiatan pimpinan, Aplikasi e-Salaja adalah aplikasi surat menyurat untuk 

mendukung pelayanan di Sekretariatan Dinas Pertanian dan Perkebunan serta e-Sakip adalah bermanfaat untuk keberhasilan kerja pemerintah terutama dalam hal peningkatan manajemen kerja.

“Ketiga aplikasi dimaksud merupakan aksi perubahan dari pejabat eselon III lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu yaitu Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Kepala Bagian Organisasi dan Tatalaksana, dan Sekertaris Dinas Pertambun”, sebutnya mengakhiri laporannya.

Pembukaan kegiatan berlangsung aman, tertib dan lancar dengan mengikuti protokol kesehatan dihadiri Wakil Bupati Dompu, Pimpinan DPRD, Pejabat dari Kementerian PAN-RB, Pejabat Provinsi NTB, Sekda Dompu, Staf Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan OPD, Pejabat Struktural Eselon III dan Pejabat Fungsional, serta potensi lainnya yang dilanjutkan dengan penandantangan komitmen bersama dan coaching menuju SAKIP Dompu kategori “BB” di tahun 2023. (Prokopim/ory).


Komentar Pembaca

Lebih baru Lebih lama