STOP PRESS : Kepada Nara Sumber SINARPENA.COM Diharap untuk tidak melayani wartawan kami yang KTA dan Kartu liputan Persnya sudah habis masa berlakunya. Demikian , atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

Fokus Kembangkan UMKM, Kadin Kota Bekasi Siapkan Agenda

 

Ketua Kadin Kota Bekasi, HM. Gunawan



KOTA BEKASI, SINARPENA.COM -   Dalam kepengurusan yang baru di bawah pimpinan HM. Gunawan,  Kadin Kota Bekasi mempunyai cara tersendiri dalam mengembangkan UMKM di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Seperti dikatakan Ketua Kadin Kota Bekasi, HM Gunawan, UMKM adalah salah satu cara mengembangkan ekonomi di tengah masa pandemi.
Segala macam cara dilakukan berbagai pihak dalam mendukung program pemerintah dan membantu perekonomian daerah.

Kadin Kota Bekasi akan merekrut pelaku UMKM dari seluruh komunitas UMKM di Kota Bekasi dengan program tersendiri salah satunya adalah  akan memberikan fasilitas pinjaman dengan bunga rendah bekerjasama dengan Bank BTN, Dan Kadin juga akan memberikan pelatihan berkelanjutan sehingga pelaku UMKM benar-benar memahami cara mengaplikasikan pemasaran melalui digital.

Wakil Ketua Kadin Kota Bekasi, Aji Alisyahbana


Selanjutnya Kadin akan menggandeng beberapa pihak seperti BUMN hingga perusahaan swasta di Kota Bekasi.
"Kita akan fokuskan itu. Dan kita akan kawal UMKM hingga menemukan produk unggulan apa di Kota Bekasi," tukasnya, Rabu (5/5/2021).

Sementara itu Wakil Ketua Kadin Kota Bekasi, Aji Alisyahbana mengatakan bahwa Kadin akan melisting ulang para pelaku UMKM dan memberikan pelatihan yang berkelanjutan sehingga  kita bisa mengetahui produk apa yang diunggulkan di Kota Bekasi.

"Tahap awal kita akan listing ulang pelaku UMKM. Bukan hanya usaha menengah yang bisa gabung ke Kadin, UMKM juga bisa," kata Aji, usai menghadiri Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kota Bekasi.

Menurutnya, listingan terbaru akan menentukan potensi apa yang bisa dikembangkan. Karena ada beberapa cluster dalam UMKM. Ada klaster fashion, makanan dan lainnya, dengan adanya listingan klaster kita bisa menentukan produk mana yang menjadi unggulan.

"Sampai hari ini belum kelihatan pelatihan berkelanjutan, sementara potensi UMKM Kota Bekasi sangat bagus dan pembinaan yang tidak berkelanjutan hasilnya tidak akan maksimal dan kalau di lihat pertumbuhannya cenderung monoton.

Aji menambahkan, bagi pelaku UMKM yang belum tersentuh akan diberikan advokasi atau pendampingan supaya bisa bersama sama pelaku usaha itu bisa berkembang.
"Usaha UMKM banyak yang stuck. Produk susah dipasarkan, dan mobilisasi susah," paparnya berapi api. (Muhamad Budi Nugroho)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama